BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah menjadi Guru Tamu di SMK Negeri 2 Palangka Raya

Pada tanggal 23 November 2021, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah diwakili oleh Pemeriksa BPK, Rohullah Aji Wicaksono dan Selli Cahyani menjadi Guru Tamu pada Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta penerapan budaya kerja berbasis budaya kerja  dilaksanakan di SMK Negeri 2 Palangka Raya.

Acara yang bertujuan untuk menyelaraskan dengan dunia kerja dan pemenuhan mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan kompetensi guru ini dibuka oleh Ibu Lilik Setyawati, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Palangka Raya pada pukul 10.00 WIB. Dalam kesempatan ini, Guru tamu menyampaikan tentang Tugas, Peran dan Fungsi BPK RI dan Penerapan Budaya Kerja pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam paparannya, pemapar menyampaikan bahwa terdapat tiga jenis pemeriksaan yang dilakukan BPK yaitu keuangan, kinerja, dan tujuan tertentu. Pemeriksaan laporan keuangan sendiri bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai apakah LK telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, sesuai dengan PABU (Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum) di Indonesia.

Selanjutnya mengenai kebutuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) pemeriksa, BPK melakukan rekruitmen yang saat ini sedang berlangsung dengan sebagian besar kebutuhan SDM yaitu S1 Akuntansi. Dengan demikian selain dapat turun langsung di dunia kerja, pemapar berharap bapak ibu guru dapat memberikan dorongan bagi lulusan SMK N 2 Palangkaraya khususnya jurusan akuntansi, tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menggapai peluang kerja yang semakin baik.

Selain itu, Pemapar juga menyampaikan budaya kerja pada BPK, khususnya pada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Selain menerapkan nilai-nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi, dan profesionalisme, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah menerapkan budaya kerja TANGGUH (Tepercaya, Adaptif, Netral, Gesit, Guyub, Unggul dan Harmonis), dengan moto layanan PRIMA (Profesional, Ramah, Ikhlas, Mudah, dan Andal). Budaya kerja TANGGUH dan layanan PRIMA tersebut diterapkan pada setiap level pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara juga diisi dengan sesi tanya jawab, pertanyaan dari pemateri, penyerahan hadiah/souvenir bagi peserta workshop yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri secara cepat dan tepat serta diakhiri dengan penutupan oleh MC.