BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM), hari Jumat, 19 Februari 2021 melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuannya adalah untuk berkoordinasi dan melakukan benchmarking mengenai strategi dan langkah – langkah dalam meraih WBBM. Kegiatan koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, beberapa pejabat struktural, dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan dan dilanjutkan dengan tanya jawab serta diskusi mengenai proses BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh WBBM.
Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan menjelaskan tahapan-tahapan yang dilaksanakan sampai dengan memperoleh WBBM. Awalnya mereka melakukan penjaringan inovasi yang sesuai untuk stakeholder dengan fokus mengetahui keinginan masyarakat luas terhadap BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu inovasi dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan adalah Sekolah Keuangan Negara (SKN). Inovasi tersebut bertujuan untuk menjawab apa yang stakeholder ingin tahu tentang BPK sehingga SKN ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang BPK. SKN ini merupakan inovasi yang dapat diterima karena menyentuh masyarakat luas dan juga berimbas baik secara internal terhadap BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan karena para pemeriksa pada akhirnya harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Selain itu ada beberapa inovasi lainnya yang membuat BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh WBBM, diantaranya adalah website eASY yakni laman yang berisi data-data BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, seperti produk hukum entitas, profil daerah dan statistik daerah.
Dalam menjalankan inovasi-inovasi tersebut, Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan juga menyarankan agar internal perwakilan harus diperkuat terlebih dahulu dikarenakan komitmen seluruh pimpinan dan pegawai perwakilan dibutuhkan untuk mewujudkan WBBM.
Dengan adanya kegiatan koordinasi dan benchmarking dengan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, harapannya BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman tambahan serta dapat membuat inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat agar dapat diterapkan dalam rangka persiapan menuju WBBM.