UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA, 1 JUNI 2019

BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2019, pukul 08.00 WIB di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalteng, Bapak Ade Iwan Rusawana dan sebagai komandan upacara Bapak Suwito.

Upacara dilaksanakan dengan pengibaran bendera. Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara membacakan naskah Pancasila dan diikuti seluruh peserta upacara. Selanjutnya, petugas upacara membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pada upacara tersebut, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Pada upacara tersebut, Inspektur Upacara membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia oleh Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Plt. Kepala BPIP RI menyampaikan untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan negara yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Plt. Kepala BPIP RI juga menghimbau untuk bersatu membangun bangsa guna merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Upacara ditutup dengan pembacaan doa.