Energi, Sinergi, dan Prestasi dalam rangka memperingati HUT BPK RI ke 72

BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke- 72 pada hari Senin, 21 Januari 2019, pukul 08.00 WIB di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak Ade Iwan Ruswana dan sebagai komandan upacara Bapak Suwito.

Rangkaian kegiatan dalam upacara ini diawali dengan pembacaan selintas sejarah perkembangan BPK RI. BPK RI dibentuk pada tanggal 1 Januari 1947 yang saat itu hanya memiliki 9 pegawai di Magelang, Jawa Tengah. Dalam era reformasi, BPK RI mendapatkan dukungan konstitusional yang memperkuat kedudukan BPK RI sebagai satu satunya lembaga tinggi negara yang memeriksa keuangan negara yang independen dan profesional. Saat ini BPK RI beralamat di Jl. Gatot Subroto No.31 Jakarta Pusat.

Selanjutnya petugas upacara melakukan pengibaran bendera, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 serta pembacaan pidato Ketua BPK RI oleh Inspektur upacara. Dalam teks pidatonya, Ketua BPK RI menyampaikan tema peringatan HUT BPK Ke-72, Yaitu Energi,Sinergi,Prestasi serta menghimbau kepada seluruh pegawai BPK untuk memegang teguh nilai dasar, independensi, integritas dan profesionalisme dengan menjaga semangat kekeluargaan sehingga dapat menjaga kepercayaan rakyat kepada BPK.

Dalam upacara tersebut, Kepala Pewakilan BPK Provinsi Kalimantan Tengah menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada delapan pegawai. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada pegawai teladan Tahun 2019 untuk kategori pegawai fungsional, pegawai penunjang dan PTT. Upacara ditutup dengan menyanyikan Hymne dan mars BPK serta pembacaan doa.